Sholat Dhuha, Jumlah Rakaat dan Doa Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan salah satu sholat sunnah yang banyak dilakukan oleh umat Islam. Sholat dhuha beserta doa sholat dhuha ini dikenal sebagai ibadah yang menjadi ikhtiar kita dalam meminta rezeki kepada Allah. Sholat dhuha juga disebut sebagai amalan yang baik dilakukan sebelum kita memulai aktivitas harian.

Waktu sholat dhuha adalah saat matahari naik sekitar 7 hasta, dimana di jam – jam ini orang – orang mulai sibuk mempersiapkan kebutuhan sebelum berangkat beraktivitas atau bekerja. Waktu dimana orang mempersiapkan diri sebelum berangkat sekolah, kuliah demi menuntut ilmu. Ya rezeki banyak macamnya, bukan hanya harta, ilmu yang bermanfaat pun juga salah satu rezeki yang patut disyukuri.

Sholat dhuha juga menjadi salah satu cara kita dalam menguatkan langkah serta sebuah bentuk perwujudan dari doa yang telah dimunajatkan ketika sholat tahajud. Dalam pelaksanaannya boleh dilakukan dengan berjamaah atau sendiri.

Google.com

Google.com

Jumlah Rakaat Sholat Dhuha dan Keutamaannya

Apabila seseorang mengerjakan sholat dhuha 2 rakaat, maka ia tercatat menjadi orang yang tidak lalai. Sedangkan orang yang melakukan 4 rakaat dicatat sebagai ahli ibadah dan juga menyukai berbagai kebaikan. Untuk orang yang melaksanakan 6 rakaat sholat dhuha akan terlindungi dari perbuatan tercela sepanjang hari tersebut. Bagi yang melakukan sholat dhuha 8 rakaat dicatat sebagai orang yang taat, dan ketika seseorang mengerjakan 12 rakaat, maka Allah akan membangunkan rumah yang indah di dalam surga.

Ma Syaa Allah, sungguh besar kasih sayang Allah terhadap hamba-Nya yang mampu mengerjakan sholat dhuha dalam kesehariannya.

Doa Sholat Dhuha

Begitu banyak keutamaan yang akan kita dapatkan apabila kita mengerjakan sholat dhuha. Ibadah sholat dhuha akan semakin sempurna bila kita menyempatkan membaca doa sholat dhuha sesudahnya. Doa adalah bentuk kepasrahan kita sebagai hamba. Doa adalah cara kita berkomunikasi dengan Allah. Meski hanya dalam hati, Allah yang Maha Mendengar akan mendengar setiap doa yang terucap.

index

Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh.”

Demikian ulasan tentang sholat dhuha, jumlah rakaat dan keutamaannya serta doa sholat dhuha. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *